Tipe / Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi

Berdasarkan lokasinya, ada dua macam hotel, yaitu:
  1. City Hotel adalah hotel yang terletak di tengah kota besar. Kebanyakan tamu yang ada di city hotel bertujuan untuk bisnis, pertemuan, seminar, dagang, serta untuk acara resmi perusahaan. Ciri city hotel adalah banyak menyediakan sarana bisnis, bentuk fisiknya kebanyakan berupa building block, dan bertingkat tinggi, dengan jumlah lahan yang terbatas sehingga parkir kendaraan, selain di halaman juga di Basement, atau di Multi Storey Building (bangunan bertingkat). Tamu yang datang biasanya menggunakan pakaian resmi, memakai dasi atau kemeja lengan panjang. Ada juga yang menggunakan jas, bahkan pakaian smart casual. Sedangkan tamu wanita biasanya menggunakan pakaian resmi, pakaian kerja, serta smart casual. 
  2. Resort Hotel adalah hotel yang terletak di daerah tujuan wisata. Kebanyakan jauh dari kota, dengan tempat-tempat rekreasi atau tempat yang sering dikunjungi keluarga, pelancong atau pengunjung lain. Kebanyakan tamu yang datang bertujuan untuk rekreasi. 
Ada beberapa jenis resort hotel antara lain Beach hotel, Mountain hotel, Lake hotel, Ravine hotel, Cliff hotel, Forest/Jungle hotel, Amusement Park hotel dan Riverside hotel.
  • Beach Hotel adalah hotel resort yang terletak di tepi pantai. Tamu yang datang ke hotel resort itu kebanyakan ingin menikmati suasana pantai, disamping kemewahan dan kesejukan hotel. Ciri khas bentuk fisik suatu beach hotel adalah lantai kamar yang tidak berkarpet, ada sisi kamar yang menghadap ke laut, memiliki sarana rekreasi air, memiliki perlengkapan dan sarana yang menunjang pengunjung untuk rileks. 
  • Mountain hotel adalah jenis hotel untuk wisata yang terletak di penggunungan . Mountain hotel memiliki ciri fisik bangunan yang tidak terlalu tinggi, disesuaikan dengan kondisi alam di sekitarnya, terkecuali bila memungkinkan untuk kontruksi bangunan tinggi. 
  • Lake hotel adalah hotel untuk rekreasi yang terletak di tepi danau. 
  • Ravine hotel adalah hotel yang terletak di tepi jurang yang terjal, umumnya di dataran tinggi, dengan tebing curam di bawahnya. Hotel Ravine menyediakan banyak fasilitas rekreasi dan tour khusus untuk menuju lembah yang ada di bawahnya. 
  • Cliff hotel mirip dengan Ravine hotel, hanya saja terletak di lokasi yang lebih tinggi. Pemandangannya bisa ke arah lembah dan arah laut. Jika laut ada di sebelah barat dan timur, tamu bisa menikmati sunrise dan sunset di petang hari. Kebanyakan tamu datang untuk rekreasi dan berlibur, bisa dalam berombongan atau perorangan, baik dengan keluarga maupun untuk suatu pertemuan formal. 
  • Forest / Jungle hotel adalah hotel yang berada di area hutan, mengandalkan unsur natural. Fasilitas hotel, seperti kamar, lobby dan receptionist counter biasanya dibuat bernuansa natural, terpadu erat dengan lingkungan hutan dan alam. Sarana di sekitar hotel meliputi jungle trekking, sight seeing tour, forest safari, hunting, outdoor games, hiking, hill climbing, mountain bike dan cross country. 
  • Amusement Park hotel adalah hotel yang terletak di dalam area fantasi. Konsep dan gaya bangunan mengarah ke sesuatu yang fantastis. Semua acara ditujukan untuk rekreasi, baik untuk tamu perorangan, keluarga, namun tidak menutup kemungkinan untuk suatu rapat besar perusahaan. 
  • Riverside hotel adalah hotel yang terletak di tepi sungai. Karena mengandalkan sungai sebagai daya tarik utama, sungai itu biasanya mempunyai kelebihan, misalnya dilalui kapal besar, berair jernih. Hotel semacam ini menyediakan dua macam harga kamar, antara yang menghadap ke sungai dan sebaliknya. 
Sumber: Front Office Management oleh Dr. Adi Soenarno, MBA


0 Response to "Tipe / Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS