Tipe / Jenis Hotel Berdasarkan Area

Berdasarkan area hotel di suatu daerah, ada beberapa jenis hotel, yaitu:
  1. Dowtown hotel, yaitu hotel yang terletak di daerah pertokoan, pusat perbelanjaan, atau di tengah kota yang jauh dari rumah penduduk tetapi dekat dengan perkantoran, plaza, mall, maupun tempat keramaian dan kesibukan kota. Harga kamar untuk hotel semacam ini cenderung tinggi. Pada umumnya tamu yang menginap adalah para bussinessman, pedagang dan pegawai. 
  2. Suburban hotel, yaitu hotel yang terletak di pinggir kota, di daerah pemukiman penduduk. Suasana hotel umumnya tidak terlalu bising. Harga kamar tergolong sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, tergantung kualitas dan fasilitas hotel tersebut. Kebanyakan tamu datang untuk mengikuti pertemuan, rapat, pelatihan, acara keluarga, dan yang sebagian lagi untuk tujuan bisnis.
  3. Country hotel, hotel yang terletak di daerah yang sepi, di pedesaan, jauh dari keramaian kota dan kebisingan kendaraan, bahkan jauh dari polusi udara. Tamu yang datang ke hotel ini kebanyakan untuk refreshing, mengasingkan diri dari keramaian kota, mencari udara segar. Ada yang memakainya untuk pertemuan atau acara keluarga. Harga kamar untuk hotel ini relatif murah dari hotel yang terletak di tengah kota. 
  4. Airport hotel, terletak di dekat bandara. Kebanyakan tamu yang menginap adalah untuk transit sehingga relatif singkat. Mereka umumnya sedang dalam perjalanan jauh, sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Di hotel ini ada tamu yang disebut Stranded Passenger, yaitu penumpang pesawat yang tidak dapat melanjutkan perjalanannya karena pesawat rusak atau demi keselamatan penerbangan. Hotel airport merupakan sarana paling bagus untuk memberikan akomodasi kepada penumpang pesawat yang mengalami kejadian seperti itu. 
  5. Motel, merupakan kependekan dari motor hotel. Motel aslinya terletak di pinggir jalan toll atau jalan bebas hambatan. Ciri hotel semacam ini, bentuk fisiknya sederhana dan kendaraan tamu dapat parkir di depan kamar. Kebanyakan tamu hanya menginap semalam. Hotel tidak memberikan makan pagi untuk tarif kamar yang dibayarkan tamu. Motel ditujukan bagi orang yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi. Bagi mereka motel merupakan alternatif untuk tempat beristirahat di tengah perjalanan. 
  6. Inn, adalah hotel yang tidak besar, berlokasi di luar kota. bisa di mana saja asal di pinggir kota. Inn menyediakan sarana akomodasi dan makanan yang sederhana, bukan seperti di restoran dengan sistem prasmanan. Makanan sudah diatur sedemikian rupa sehingga jika tamu berminat maka ia bisa mengambilnya dengan tarif yang relatif murah. Kebanyakan tamu yang menginap di sana adalah keluarga atau pedagang keliling. Sarana yang disediakan Inn tidak selengkap hotel. Ada yang menyebut bahwa Inn adalah bentuk modern dari pengelolaan motel, atau gabungan antara Suburban dan Country hotel yang sudah di modifikasi.  

Sumber: Front Office Management
Pengarang: Dr. Adi Soenarno, MBA
Penerbit ANDI Yogyakarta



0 Response to "Tipe / Jenis Hotel Berdasarkan Area"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS