Meeting Service

Bagi pelaku bisnis pariwisata, terlebih biro perjalanan yang ada di Pulau Bali, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah meeting service. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah pelayanan rapat/pertemuan. Akan tetapi istilah meeting service sering digunakan oleh para guide ketika membuat janji pertemuan dengan wisatawan yang menjadi tamunya. Biasanya mereka bertemu di sebuah lobby hotel untuk mendiskusikan tentang seluruh detail perjalanan wisata yang akan dilakukan wisatawan selama berada di daerah yang dikunjungi.

Tugas pertama seorang guide adalah menjemput wisatawan dari bandara dan mengantar menuju hotel tempatnya menginap, ini biasa disebut transfer-in. Transfer-in dilakukan apabila wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah meminta jasa pelayanan penjemputan dari Bandara ke hotel dimana wisatawan menginap. Sewaktu mengantar wisatawan, seorang guide akan menjelaskan segala sesuatu yang ditemui selama dalam perjalanan. Apabila wisatawan belum mempunyai jadual tour/rencana tour maka guide akan menawarkan janji pertemuan dengan wisatawan (pertemuan inilah yang disebut meeting service) guna membahas itinerary wisatawan selanjutnya.

Pada waktu meeting service, guide akan menjelaskan secara rinci itinerary yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Guide membawa berbagai macam brosur/leaflet yang berisikan paket-paket tour untuk ditawarkan kepada wisatawan. Paket-paket tour yang ditawarkan tidak terbatas pada Full Day Tour (Tour sehari penuh) melainkan terdapat juga berbagai pilihan paket tour untuk wisatawan yang ingin melakukan tour pada malam hari. Di daerah Bali, contoh paket tour yang tersedia pada malam hari adalah Bali Hai, Sunset Cruise Dinner, Evening Cruise, Kecak Dance Performance, Candle light dinner dan lain sebagainya.

Dengan adanya Meeting Service ini Travel Agent berusaha agar dapat menjual paket-paket tour yang mereka miliki untuk mencari keuntungan, sedangkan wisatawan diharapkan akan merasa puas dapat memanfaatkan waktu kunjungan wisatanya dengan menikmati berbagai paket tour yang mereka beli.

0 Response to "Meeting Service"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS