Pulau Siberut

Pulau Siberut adalah pulau terbesar di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dari Padang dengan menumpang kapal laut memerlukan waktu tempuh lebih kurang 10 jam. Masyarakat asli suku mentawai yang hidup dalam budaya tradisi hanya ada di Pulau Siberut bagian pedalaman yaitu Desa Madobak, Ugai dan Matotonan. Untuk mencapai ke tiga desa itu jalur yang ditempuh biasanya melalui sungai dan jalan setapak dengan rute Muara Siberut-Rokdok-Madobak-Ugai-Matotonan dengan jarak tempuh 5-6 jam. Kehidupan masyarakat, keunikan budaya, pemandangan alam, peninggalan sejarah dan gelombang ombaknya yang membentuk gulungan besar menjadikan mentawai surga bagi para peselancar. mereka juga bisa menikmati perjalanan atau trekking, menempuh hutan tropis yang masih asli, menjelajahi daerah yang belum dilengkapi dengan infrastruktur.

Desa Madobak
Menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Kepulauan Mentawai karena disini masyarakatnya masih mempertahankan budaya dan kehidupan tradisional dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari seperti berburu, meramu obat, melaksanakan upacara keagamaan yang disebut Punen Puliaijat. Untuk mengobati orang sakit maka digunakan cara sikerei yaitu memanggil roh.

Dusun Taikako
Dusun lainnya dimana dimana masyarakat masih mempertahankan tradisi adalah di Dusun Taikako Hulu yang berada di Desa Taikako, di Kecamatan Pagai Pagai Utara Selatan. Pada saat budaya lain di Mentawai sudah berakulturasi dengan budaya pendatang, Taikako Hulu masih mempertahankan keasliannya seperti tato yang menghiasi tubuh.

Taman Nasional Siberut
Menjelajah hutan, melewati jalur setapak di Taman Nasional Siberut dengan fenomena alamnya yang luar biasa. Bermacam satwa liar endemik seperti monyet, tupai, musang, tikus, ular, kura-kura bisa ditemukan di hutan ini. begitu pula anggrek bulan, anggrek gunung, bunga bangkai(Rafflesia) dan kayu gaharu.

Kulu Kubuk
Di Desa Madobak terkenal pula dengan tempat pemandian alamnya yang sejuk. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan speed boat selama 4 jam dan wisatawan dapat menggunakan rumah penduduk untuk menginap.

Danau Rua Oinan
Letaknya di tengah hutan di dusun Saumanganyak yang berbentuk muara dikelilingi pohon besar yang dapat dijadikan komoditi ekspor dalam bentuk kayu olahan. Masyarakat sekitar danau menanami pohon sagu disekitar danau.

Air Terjun Bat Soumang
Sangat menarik untuk dikunjungi meskipun masih sangat alami dan belum dilengkapi fasilitas karena letaknya dipedalaman dan airnya cukup deras dan berbahaya. Namun bagi petualang sejati lokasi yang dikelilingi hutan rotan dan kayu besar ini cocok untuk olahraga arung jeram. Lokasi air terjun ini tak jauh dari Dusun Bulasat.

Pulau Nyang Nyang
Terletak di kecamatan Siberut Selatan yang konon menurut para peselancar lokal maupun internasional yang pernah datang ke pulau ini, ketinggian ombaknya tertinggi di dunia yaitu mencapai 4 meter. Pulau Nyang Nyang bisa ditempuh dua jam perjalanan dengan speed boat dari ibukota kecamatan. Daerah lain yang ombaknya mencapai ketinggian itu adalah Mapaddegat antara 3-4 meter, Masosiu sekitar 1-4 meter, Masokut 1-4 meter dan Pototogat sekitar 2-3 meter yang terletak di Desa Katurei. Di sini tersedia homestay yang cukup memadai untuk wisatawan.

Pulau Karamajat
Letaknya masih di Desa Katurei ombaknya juga mencapai 2-4 meter dan dikenal dengan gulungan ombaknya yang sangat panjang. Di tempat ini tersedia pula penginapan/homestay terapung.

Pulau Koroniki
Sekitar satu jam perjalanan dengan speedboat dari ibukota kecamatan. Tidak berbeda dengan pulau Nyang Nyang yang memiliki gulungan ombak yang tinggi. Tetapi pada pulau ini dasar lautnya berkarang dan juga memiliki tebing-tebing yang terjal menjadi daya tarik untuk olahraga panjat tebing. Rumah-rumah penduduk dapat menjadi penginapan untuk wisatawan yang datang.

Pulau Awera
Pulau ini juga untuk kegiatan wisata bahari. Berada tepat di depan ibukota Tua Pejat. Tempat yang indah ini cocok untuk snorkeling dan diving untuk melihat keindahan alam bawah laut.

0 Response to "Pulau Siberut"

Post a Comment

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS