Pariwisata Sawahlunto

Pariwisata Sawahlunto adalah orentasi untuk menjadikan kota Sawahlunto sebagai Kota Wisata yang mempunyai beberapa alasan. Pertama adalah mengantisipasi secepatnya ketertinggalan Kota Sawahlunto semenjak menipisnya produksi batu bara PT. BA UPO disebabkan semakin menipisnya deposit batu bara yang ada di tambang terbuka (tambang luar), sementara untuk memproduksi batubara dari "tambang dalam" dibutuhkan Teknologi tinggi dan biaya produksi yang mahal. Alasan untuk menjadikan pariwisata sawahlunto sebagai orientasi masa depan bagi kota Sawahlunto cukup rasional, oleh karena sawahlunto mempunyai keindahan alam di berbagai pinggiran kota. Alasan kedua karena begitu kayanya sisi historis budaya yang ditinggalkan Pemerintahan kolonial Belanda, seperti adanya bangunan-bangunan tua yang saat ini masih berdiri kokoh di tengah kota Sawahlunto yang makin menambah keunikan pariwisata Sawahlunto.
Ketiga Sawahlunto juga kaya dengan panorama alam berupa gua yang mempunyai ornamen beragam. Semua gua yang ada di Sawahlunto mempunyai keunikan tersendiri. Selain dihiasi air terjun, juga mempunyai ragam Stalaktit dan Stalakmit.
Berdasarkan berbagai alasan di atas, stakeholder dan masyarakat Sawahlunto secara bersama-sama merumuskan visi kota untuk mengalihkan sumber ekonomi dari usaha tambang ke usaha pariwisata. Pada tahun 2001 keluar rumusan masa depan Kota Sawahlunto yang tertuang ke dalam Peraturan Daerah No.2 Tahun 2001 tentang Visi dan Misi kota Sawahlunto.
Visi : Tahun 2020 Sawahlunto menjadi Kota Wisata Tambang yang berbudaya
Misi :
1. Mengembangkan potensi pariwisata Sawahlunto yang bersih, sesuai dengan norma sosial budaya.
2. Mengembangkan Sarana dan Prasarana kepariwisataan.
3. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.
4. Mengekspresikan peninggalan bersejarah dan kegiatan tambang batu bara sebagai objek dan daya tarik wisata.
5. Menggali dan menumbuh kembangkan kebudayaan tradisional untuk mendorong pengembangan pariwisata.
6. Mengembangkan objek wisata alam untuk menunjang objek wisata tambang.

Dalam kepemimpinan Walikota Ir. H. Amran Nur dilakukan pengembangan Objek Wisata antara lain :
1. Objek Wisata Tambang dengan merevitalisai kembali bangunan-bangunan tua di Kota Sawahlunto.
2. Memanfaatkan daerah bekas Tambang batubara menjadi Sebuah Kawasan Wisata yakni Kawasan Wisata Kandi.
3. Merencanakan dan membuat Objek Wisata rekreasi dan hiburan seperti Waterboom Sawahlunto.
4. Stasiun Kereta Api yang mempunyai keterkaitan sejarah dengan adanya batubara di Sawahlunto dijadikan dan diresmikan sebagai Museum Kereta Api. Selain itu loko uap seri E 1060 buatan jerman yang pernah beroperasional di Sawahlunto dibawa kembali dari Museum Kereta Api Ambarawa untuk melengkapi pariwisata Sawahlunto.

7 Responses to "

Pariwisata Sawahlunto

"
  1. tampilannya jelek mas....
    buat profil wisata tuh ga banget deh

    ReplyDelete
  2. @Anonim: Terima kasih atas pendapatnya, salah satu alasan template saya buat dengan tampilan sederhana adalah untuk mempercepat akses pembaca ke blog ini karena platform yang digunakan sementara ini masih memakai gratisan

    ReplyDelete
  3. alamat wisata kandi nya dimana ya mas..?? aku kerja di sawahlunto..tp g tau dimana aja alamat dan lokasi tempat wisatanya..bisa diberikan alamatnya plus transportasi kesana n klw bisa sekalian denahnya..tq

    ReplyDelete
  4. tolong info lokasi buat homestay dong.kalo bisa pake foto daerah dan rumahnya..terima kasih

    ReplyDelete
  5. mari kita kembangkan destinasi wisata di kawasan kandi agar lebih menarik, seperti membangun jembatan penyeberangan dari arah Taman Satwa kandi ke arah arena Paint Ball, membuat peta lokasi wisata di Taman satwa Kandi, merancang toilet bertema binatang, meperbanyak membuat patung-patung binatang di kandi. untuk ke kawasan pacuan kuda juga dibangun gerbang dan patung kudanya. arena road race juga dibangun tribun, pagar, dan gerbangnya.

    ReplyDelete
  6. @Anonymous: Setuju mudah-mudahan pariwisata semakin maju hendaknya

    ReplyDelete
  7. setelah taman buah hadir saya harap pemko juga menghadirkan taman bunga yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

    ReplyDelete

MAAF KOMENTAR SPAM KAMI HAPUS